Quick Tour System Untuk Dosen

Halaman ini memberikan pengenalan cepat Sistem, Learning Management System (LMS) di Fakultas Teknik Universitas Pasundan digunakan untuk menyampaikan konten dan tempat online aktivitas pembelajaran.

Log In dan Log out dari Moodle

  1. Untuk login ke sistem, Masukkan alamat “ ElearningFT.unpas.ac.id” ke URL di browser anda. 
  2. Di blok login, anda masukan username dengan kode dosen anda dan masukan password anda dan klik tombol Log In.

Catatan :
Jika anda baru pertama kali menggunakan layanan ini, anda akan mendapatkan password default “Pasundan!234”. setelah anda masuk anda akan diberikan form untuk mengisikan password baru yang anda kehendaki, isikan password baru anda di inputan new password dan new password(again).

  1. Anda akan masuk ke Dashboard Sistem, dan anda dapat melihat dibagian pojok kanan atas terdapat nama anda dengan avatar default.
  2. Untuk logout dari Sistem, dalam menu pengguna di pojok kanan atas halaman terdapat klik nama anda, dan klik Log Out.

Catatan :
Pastikan untuk matikan browser Anda setelah Anda log out, terutama jika Anda menggunakan komputer publik atau bersama. Ini akan memastikan bahwa tidak ada orang lain dapat mengakses akun Anda.

Perubahan E-Mail

Saat anda lupa kata kunci untuk masuk ke sistem, anda dapat lakukan reset password dan system akan memberikan tata cara reset melalui email anda. Sehingga saat anda masuk system lakukan perubahan email.

  1. Anda pilih menu di pojok kanan atas yang terdapat nama anda, dan klik menu Edit Profil.
  2. Ketik dan isi nama email yang anda inginkan pada bagian Email, dan tekan tombol Update Profil.
  3. Tekan tombol continue, masuklah pada account email anda yang digunakan tadi, dan cari email yang dikirim oleh sistem dengan nama pengirim elearningft@unpas.ac.id 
  4. klik link yang diberikan, maka email anda telah berhasil di ubah.

Mencari Matakuliah Anda

Setelah anda login, anda dapat lihat blok Navigation (sebelah kanan halaman), klik tombol di kanan blok Navigation untuk memunculkan menu yang tersedia, anda dapat klik My Courses untuk memunculkan semua matakuliah yang anda ampu.

Beberapa cara tambahan masuk ke matakuliah Anda di System:

  • Klik sorot My Courses di menu header untuk memunculkan semua nama matakuliah yang telah anda kontrak, dan sorot setiap nama untuk memunculkan hints untuk setiap nama matakuliah, hal ini sangat membantu anda dalam mengetahui nama lengkap matakuliah.
  • Klik tombol di Navigation (blok kanan atas), tray Navigasi akan terbuka. Pilih Site Home atau pilih menu Home di header menu, untuk menavigasi ke halaman home Moodle Anda, dan pilih matakuliah yang anda inginkan dari daftar yang tersedia 
  • Klik tombol di Navigation (blok kanan atas), tray Navigasi akan terbuka. Pilih Dashboard atau pilih menu Dashboard di header menu. Cukup pilih  dan klik nama matakuliah untuk membuka matakuliah. 

Dashboard

Halaman ini menyuguhkan informasi secara komprehensif dari matakuliah yang anda kontrak, dan matakuliah yang saat ini anda akses. Lini masa dari aktivitas anda di masa mendatang di Timeline. Berangkas penyimpanan file untuk anda dengan ukuran maksimal 50 MB untuk per file, untuk ukuran file melebihi batas maksimal, anda bisa hubungkan berangkas anda dengan google drive dengan ketentuan email di profil anda menggunakan email yang sama dengan account google anda. Anda juga dapat menyesuaikan halaman ini dan menambahkan blok tambahan ke sisi kanan, untuk membantu anda tetap terorganisir.

Calendar & Event

Sosialisasi kegiatan akademik di fakultas teknik, seperti waktu perwalian, ujian akan di informasikan disini, dan semua aktivitas pengajar (quiz, tugas, dll). Dalam sosialisasi ini tidak hanya berupa waktu saja, akan tetapi tata cara atau aturan dalam kegiatan. Anda pun bisa membuat event anda diketahui oleh peserta dikelas Anda atau dibuat lebih pribadi tanpa perlu diketahui oleh orang lain.

Untuk event ini anda dapat akses dengan cara klik menu Event di header menu, atau di halaman dashboard pada blok calendar, upcoming events, dan timeline.

Panel Administrasi Matakuliah

Panel Manajemen matakuliah memberikan Anda akses cepat ke semua pengaturan penting yang Anda butuhkan untuk matakuliah Anda di sistem. Panel berada di pojok kanan atas. Panel berisi tautan mudah diidentifikasi untuk halaman terkait dengan Question bank, Reports, Gradebook setup, Users, dan Edit settings (lihat gambar di bawah).

System LMS Tersusun dari Block dan Section

Matakuliah di Moodle biasanya diselenggarakan dalam dua atau tiga kolom untuk pengguna Komputer desktop atau laptop. Untuk tampilan awal kami susun dalam dua kolom yang terdiri dari bagian Sesi Pertemuan/Topik dan bagian Blok yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, Penyuntingan awal blok ialah administration, News, Upcoming events, Recent activity, dan Calendar.

Blok

Sisi kolom kanan dari halaman sistem berisi blok. Anda dapat mengatur ulang sebagian besar blok dan menetapkan blok tertentu yang ingin dimunculkan di halaman Home saja, atau pada semua halaman.

Kebanyakan blok pembaruan dinamis dengan informasi tentang matakuliah. Misalnya, blok seperti Calendar dan Event Upcoming yang diperbaharui saat Anda membuat event berdasarkan aktivitas perkuliahan. Sebaliknya, sebuah blok HTML dapat ditambahkan untuk mengirim teks statis dalam sisi kolom. Hal ini dapat berguna untuk posting informasi kontak dan jam kerja.

Blok yang ingin dimunculkan dapat Anda tentukan sesuai halaman yang Anda inginkan. Misalnya, blok yang Anda inginkan ditampilkan hanya di halaman matakuliah Anda dan tampilan blok berbeda saat Anda melihat tugas atau forum. Blok yang ditampilkan dapat bergantung pada peran Anda. Sebagai contoh, guru dapat melihat blok dan siswa tidak.

Blok dapat diminimalkan dengan memilih ikon di sudut kanan atas blok dan. Untuk lebih lanjut tentang blok, lihat Tambah dan Hapus Blok di Moodle.

Sesi Pertemuan

Bagian ini merupakan tempat dimana konten dan aktivitas pembelajaran di munculkan. Anda dapat mengganti tampilan ini berdasarkan topic, content type, section per week., sampai dengan etask topic yang memunculkan nilai mahasiswa di bagian ini. Saya menyarankan topic dan e-task topic untuk Anda pilih. 

Anda dapat menempatkan tautan ke Materi ajar /Resources (file, weblinks, folder, dll), dan Aktivitas (forum diskusi, tugas, kuis, dll) di dalam bagian halaman Anda. Label (sejenis Sumber Daya) dapat digunakan untuk menambahkan teks, dan gambar ke sesi pertemuan ini.

Untuk mengedit nama topik, klik Turn editing on di panel administrasion, Anda bisa edit instant melalui icon pensil, atau Anda bisa melakukan opsi tingkat lanjut seperti menetapkan batasan waktu akses topik dan memberikan ringkasan dari pertemuan Anda melalui menu edit di pojok kanan judul topik dan pilih edit settings.

Menambahkan Konten di Halaman matakuliah Kita

Pilih Turn editing on di panel administrasion. Sebuah ikon pensil akan muncul di samping setiap nama topik yang berarti Anda sudah dapat melakukan penyuntingan halaman matakuliah Anda. Anda dapat menyusun setiap topik sesuai kehendak Anda dengan melakukan drag and drop pada di icon  dan nama topik dan aktivitas Anda dapat diganti secara instant dengan klik icon pensil.

Untuk mengedit item lainnya, klik tautan Edit di samping nama item (misalnya tugas). Sebuah menu drop-down akan muncul dengan beberapa tindakan, termasuk pengaturan Edit, Move Right, Hide, Duplikat, Assign Role, dan Delete.

Untuk mengedit Sesi pertemuan, klik tautan Edit di sebelah kanan judul Sesi. Sebuah menu drop-down akan muncul dengan beberapa tindakan, termasuk Edit Topic, Highlight, Hide Topic, dan Delete Topic.

Ikon pensil dapat Anda gunakan untuk mengubah nama sesi atau materi atau aktivitas dengan singkat, jadi gunakan hal ini untuk mempersingkat pekerjaan Anda, Anda dapat menggunakan penyuntingan tingkat lanjut jika ada opsi lain yang akan ada atur ulang.

Tambah Sumber Daya dan Kegiatan Bagian

Untuk menambahkan konten ke matakuliah Anda dengan kondisi halaman matakuliah dalam mode editing diaktifkan, di kanan bawah dari Bagian yang Anda ingin menambahkan konten, klik + Add an activity or resource.

  • Materi/ Resource termasuk konten statis seperti file, label, dan URL. Cara cepat untuk menambahkan file ke matakuliah adalah untuk drop mereka dari desktop komputer Anda ke bagian tertentu dari halaman saja Anda di browser. Untuk lebih lanjut tentang menambahkan sumber daya, lihat Tentang Menambahkan Sumber Daya untuk Matakuliah di Moodle.
  • Aktivitas, seperti forum, quiz, assignments, dan wiki, memungkinkan mahasiswa untuk berinteraksi satu sama lain dan menyerahkan pekerjaan ke dosen. Untuk lebih lanjut tentang menambahkan kegiatan, lihat Tentang Menambahkan Aktivitas untuk Matakuliah di Moodle)

Menu This Course

Menu yang terdapat di header dan hanya akan muncul saat Anda hanya berada di halaman matakuliah saja. Menu ini akan membantu Anda dalam menelusuri secara ringkas topik yang ada buat, aktivitas yang Anda terapkan dalam interaksi pembelajaran, seperti quiz, forum, assignments, dll. Anda pun dapat melihat jumlah peserta Anda di participants, apabila terdapat mahasiswa dikelas belum terdaftar Anda pun dapat daftarkan dengan menekan tombol enroll users, Anda dapat cari mahasiswa Anda berdasarkan nama atau nrp dan saat ketemu pilih atau tekan enter, dan pastikan assign roles yang diberikan ialah student dan tekan tombol Enrol Selected users and cohorts.

Dan menu terakhir ialah Grade untu melihat capaian nilai oleh mahasiswa atas semua aktivitas yang Anda buat.

Presensi pembelajaran di Moodle

Prasyarat pernyataan kehadiran anda ialah harus melakukan 3 aktivitas berikut:

  1. Mengunggah materi ajar (berupa slide, video, dll).
  2. Membuat kuis atau tugas.
  3. Terjadinya diskusi antara dosen dan mahasiswa melalui forum atau chat.

Merekam Kegiatan Mahasiswa Sebagai Presensi Kelas Daring

Untuk melakukan perekaman aktivitas mahasiswa, Anda wajib mengaktifkan fitur activity completion untuk setiap kali Anda mengunggah materi dan aktivitas yang Anda buat. Anda dapat dari di bagian activity completion dan Anda pilih dalam opsi completion tracking ialah show activity as complete when are met. Dan cek (centang) Student must view this activity to complete it dan cek (centang) Enable di Expect completed on, tetapkan batas waktu perekaman sesuai kebutuhan Anda.

Opsi yang diberikan di activity completion sangat beragam tergantung dari jenis materi dan aktivitas yang diunggah. Anda dapat baca lebih lanjut dalam halaman Activity Completion.

Membuat Bukti Presensi Mahasiswa & Dosen

Untuk setiap aktivitas mahasiswa akan terekam oleh sistem, dan setiap Anda akan menggunakan aktivitas ini sebagai presensi kelas untuk mengganti pertemuan tatap muka Anda wajib melaporkan 3 aktivitas yang sudah ada unggah sebelumnya.

Berikut tata cara untuk membuat laporan aktivitas mahasiswa:

  1. Klik tulisan Report di panel Administration untuk memunculkan beragam laporan yang bisa Anda buat.
  2. Pilih dan klik Activity Completion, sehingga Anda diberikan laporan aktivitas mahasiswa, mahasiswa mana yang mengakses materi, tugas, forum, chat dan mana yang tidak.  
  3. Scroll Halaman anda hingga menemukan tulisan “Download in spreadsheet format (UTF-8 .csv)” dan  “Download in Excel-compatible format (.csv)”. 
  4. Pilih dan klik tulisan Download in Excel-compatible format (.csv) dan pilih tempat Anda akan menyimpan file report ini.
  5. Buka file repot tersebut dan hapuslah kolom email dan tanggal yang ada.
  6. Anda bisa memberikan file report yang telah di bersihkan ke pihak DHMD baik berupa cetakan atau softcopy.

View Nilai (Grades)

Penilaian aktivitas dapat dilakukan oleh sistem ataupun konvensional oleh Anda sendiri. Untuk penilaian system sering digunakan di dalam aktivitas kuis, dimana Anda menetapkan setiap bobot nilai untuk setiap jawaban, untuk soal kuis berupa essai atau uraian pendek tidak dapat dilakukan penilaian oleh sistem, untuk lebih lanjut Anda dapat lihat panduan pembuatan kuis.

Untuk penilaian tugas tidak bisa dilakukan oleh sistem melainkan terdapat alat bantu dalam bentuk rubrik, dimana Anda membuat ketentuan dalam penilaian, ketentuan ini akan muncul dalam deskripsi tugas sehingga mahasiswa dapat mengetahui ketentuan yang Anda buat, saat Anda melakukan penilaian, Anda tinggal memilih ketentuan yang mana sesuai dengan tugas mahasiswa Anda, untuk lebih lanjut Anda dapat lihat Pembuatan Rubrik.

Setelah aktivitas telah dinilai dan dirilis ke siswa, Anda dapat mengakses nilai melalui menu pengguna. Klik nama anda di pojok kanan atas dan pilih Grade atau sorot menu This Course di header menu dan klik Grade. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat pilih nama matakuliah untuk mengetahui progres penilaian yang ada peroleh.

Beberapa aktivitas, seperti Tugas, juga di tampilkan dirilis nilai pada halaman aktivitas.

Peran – peran dalam Matakuliah Anda.

Dalam Moodle, setiap pengguna memiliki Peran default:

  • Teacher (peran default untuk Dosen)
    Teacher dapat menambah Materi dan Aktivitas, mengubah pengaturan, dan menilai aktivitas mahasiswa.
  • Non-editing teacher (peran belum digunakan)
    Non-editing teacher dapat melihat konten dan nilai aktivitas mahasiswa.
  • Student (peran default untuk siswa)
    Student dapat melihat Materi, berpartisipasi dalam Kegiatan, dan muncul di Gradebook.
  • Guest
    Guest memiliki akses ke halaman utama saja dan tidak diizinkan melihat atau mengunduh materi dan ikut serta dalam aktivitas yang diberikan oleh dosen.

Tergantung pada peran Anda dalam sistem, Anda mungkin dapat beralih ke peran lain. Misalnya, jika Anda seorang Dosen, Anda dapat beralih ke peran Mahasiswa untuk melihat dari sudut pandang mahasiswa, atau beralih ke Non-editing Guru untuk melihat matakuliah sebagai asisten dosen/ Lab. 

Beberapa Hal yang Perlu Dipertimbangkan

  • Sembunyikan / Tampilkan item dari mahasiswa.
    Untuk menyembunyikan Sesi/topik atau Aktivitas klik Turn editing on di panel Administrasion dan pilih tautan Edit untuk Sesi atau Aktifitas yang ingin Anda sembunyikan. Dalam menu drop-down yang akan membuka, pilih Hide. Untuk membuat item terlihat lagi, pilih Show.
  • Menetapkan Waktu Kemunculan item dari mahasiswa.
    Untuk menetapkan waktu kemunculan Sesi/topik atau Aktivitas klik Turn editing on di panel Administrasion dan pilih tautan Edit untuk Sesi atau Aktifitas yang ingin Anda sembunyikan. Dalam menu drop-down yang akan membuka, pilih Edit Topic untuk Sesi atau Edit Settings untuk Aktvitas. Pada opsi Restrict access ada klik tombol add restriction dan klik tombol Date, Anda tetapkan waktu yang Anda kehendaki untuk muncul item, di sarankan hanya gunakan opsi from saja saat menetapkan waktu, untuk mahasiswa kedepannya tetap dapat mengakses materi.
  • Menduplikasi Pembelajaran untuk Matakuliah
    Dalam pengelolaan pembelajaran dalam sistem terdapat satu fasilitas untuk menduplikasi pembelajaran berupa materi dan aktivitas dari matakuliah yang pernah Anda ampu. Anda masuk ke matakuliah yang akan Anda masukan materi dan aktivitas dari matakuliah lainnya yang menjadi sumber, klik menu Import di panel administration. Cari dan pilih matakuliah sumber Anda  dan klik Continue, cek (centang) hanya Include activities and resources, Include question bank, dan Include competencies (opsional jika sudah tersedia kurikulumnya) dan klik tombol Next. Anda dapat cek(centang) materi dan aktivitas apa saja yang Anda butuhkan, dan klik tombol Next. Akan ada verifikasi apakah materi dan aktivitas bisa di masukan atau tidak, tanda berarti materi dan aktivitas dapat di import, klik tombol Perform import untuk memulai proses duplikasi, tunggu beberapa saat, dan secara otomatis materi dan aktivitas akan masuk ke halaman pengajaran Anda.
  • Ketika Anda menghapus file yang Anda upload ke halaman matakuliah Anda, mereka tetap sementara tersedia di Recycle Bin.
    Ketika Anda meng-upload file ke halaman matakuliah, itu masuk ke dalam File Sistem untuk matakuliah Anda. Jika Anda menghapus link ke file dari halaman matakuliah Anda, Recycle Bin akan berisi item yang dihapus selama tujuh hari. Anda akan dapat mengembalikan barang-barang selama periode ini, termasuk kegiatan yang berisi data siswa. Pastikan Anda juga memiliki cadangan di komputer Anda sendiri atau disimpan secara online, misalnya di Box (Google) Drive.
  • Gunakan Pengumuman untuk memberitahu siswa.
    Hanya Dosen yang dapat posting ke Pengumuman (sebelumnya disebut Berita Forum) untuk matakuliah. salinan email dari posting secara otomatis dikirim ke semua orang yang terlibat dalam matakuliah.
  • Sistem mengirimkan pemberitahuan email untuk beberapa kegiatan.
    System akan mengirim pemberitahuan email kepada Anda atau siswa Anda ketika posting yang dibuat untuk Forum. Kami merekomendasikan pengaturan opsional forum untuk berlangganan. Individu dapat mengontrol beberapa aspek subscription dari forum dalam pengaturan Profil mereka.

    Bantuan Lebih Lanjut

    Untuk hal-hal yang anda membutuhkan lebih lanjut yang tidak bisa diselesaikan oleh dosen bersangkutan, maka anda bisa hubungi kami selaku administrator, di alamat email elearningft@unpas.ac.id. Berikan subjek dan pesan yang jelas untuk mempermudah pekerjaan kami. Untuk mengerjakan setiap kendala kami lakukan maksimal dalam 2 X 24 Jam.;