Quick Tour System Untuk Mahasiswa

Halaman ini memberikan pengenalan cepat sistem, Learning Management System (LMS) di Fakultas Teknik Universitas Pasundan digunakan untuk menyampaikan konten dan tempat online aktivitas pembelajaran.

Log In dan Log out dari Sistem

  1. Untuk login ke sistem, Masukkan alamat “ ElearningFT.unpas.ac.id” ke URL di browser anda. 
  2. Di block login, anda masukan username dengan NRP anda dan masukan password anda dan klik tombol Log In.

Catatan :
Jika anda baru pertama kali menggunakan layanan ini, anda akan mendapatkan password default “Pasundan!234”. setelah anda masuk anda akan diberikan form untuk mengisikan password baru yang anda kehendaki, isikan password baru anda di inputan new password dan new password(again).

  1. Anda akan masuk ke dashboard sistem, dan anda dapat melihat dibagian pojok kanan atas terdapat nama anda dengan avatar default.
  2. Untuk logout dari sistem, dalam menu pengguna di pojok kanan atas halaman terdapat klik nama anda, dan klik Log Out.

Catatan :
Pastikan untuk matikan browser Anda setelah Anda log out, terutama jika Anda menggunakan komputer publik atau bersama. Ini akan memastikan bahwa tidak ada orang lain dapat mengakses akun sistem Anda.

Perubahan E-Mail

Saat anda lupa kata kunci untuk masuk sistem, anda dapat lakukan reset password dan sistem akan memberikan tata cara reset melalui email anda. Sehingga saat anda masuk sistem lakukan perubahan email.

  1. Anda pilih menu di pojok kanan atas yang terdapat nama anda, dan klik menu Edit Profil.
  2. Ketik dan isi nama email yang anda inginkan pada bagian Email, dan tekan tombol Update Profil.
  3. Tekan tombol continue/ lanjut, masuklah pada account email anda yang digunakan tadi, dan cari email yang dikirim oleh sistem dengan nama pengirim elearningft@unpas.ac.id 
  4. klik link yang diberikan, maka email anda telah berhasil di ubah.

Mencari Matakuliah Anda

Setelah anda login, anda dapat lihat blok Navigation (sebelah kanan halaman), klik tombol  di kanan blok Navigation untuk memunculkan menu yang tersedia, anda dapat klik My Courses untuk memunculkan semua matakuliah yang anda kontrak. 

Jika anda setelah login dan tidak melihat matakuliah didalam block ini:

  • Matakuliah mungkin belum di buka, lakukan pengecekan kembali setelah masa add-drop untuk memastikan matakuliah yang final dikontrak oleh seluruh mahasiswa, atau tanyakan kepada dosen anda.
  • Anda terlambat melakukan perwaliaan melampaui masa add-drop, dapat mengirimkan screenshoot jadwal anda dari “SITU” kepada administrator sistem untuk dikontrakan kepada matakuliah anda.
  • Tidak semua matakuliah menggunakan sistem seperti Tugas Akhir, Kerja Praktek, tanyakan kepada dosen anda untuk melaksanakan matakuliah dalam sistem. 

Jika anda masih mengalami kendala, anda dapat menghubungi administrator sistem dan memberitahukan dosen anda sehingga kami dapat membantu anda dan melacak masalah sistem.

Beberapa cara tambahan masuk ke matakuliah Anda di sistem:

  • Klik sorot My Courses di menu header untuk memunculkan semua nama matakuliah yang telah anda kontrak, dan sorot setiap nama untuk memunculkan hints untuk setiap nama matakuliah, hal ini sangat membantu anda dalam mengetahui nama lengkap matakuliah.

  • Klik tombol   di Navigation (blok kanan atas), tray Navigasi akan terbuka. Pilih Site Home atau pilih menu Home di header menu, untuk menavigasi ke halaman Home sistem Anda, dan pilih matakuliah yang anda inginkan dari daftar yang tersedia 
  • Klik tombol   di Navigation (blok kanan atas), tray Navigasi akan terbuka. Pilih Dashboard atau pilih menu Dasboard di header menu. Cukup pilih  dan klik nama matakuliah untuk membuka matakuliah. 

Dashboard

Halaman ini menyuguhkan informasi secara komprehensif dari matakuliah yang anda kontrak, dan matakuliah yang saat ini anda akses. Linimasa dari aktivitas anda di masa mendatang dibagian Timeline. Berangkas penyimpanan file untuk anda dengan ukuran maksimal 50 MB untuk per file, untuk ukuran file melebihi batas maksimal, anda bisa hubungkan berangkas anda dengan google drive dengan ketentuan email di profil anda menggunankan email yang sama dengan account google anda. Anda juga dapat menyesuaikan halaman ini dan menambahkan blok tambahan ke sisi kanan, untuk membantu anda tetap terorganisir.

Calendar & Event

Sosialisasi kegiatan akademik di fakultas teknik, seperti waktu perwalian, ujian akan di informasikan disini, dan semua aktivitas pengajar (quiz, tugas, dll). Dalam sosialisasi ini tidak hanya berupa waktu saja, akan tetapi tata cara atau aturan dalam kegiatan. Anda pun bisa membuat event anda secara pribadi tanpa perlu diketahui oleh orang lain.

Untuk event ini anda dapat akses dengan cara klik menu Event di header menu, atau di halaman dashboard pada blok calendar, upcoming events, dan timeline.

Tipikal Layout Matakuliah

matakuliah di sistem biasanya diselenggarakan dalam dua atau tiga kolom untuk pengguna Komputer desktop atau laptop. Kolom ini berisi tray Navigation, blok yang selalu dapat disesuaikan, dan topik di mana dosen anda akan memposting konten dan tugas untuk matakuliah anda.

Layout desktop atau laptop:

Tampilan akan dibagi menjadi dua bagian sebelah kiri untuk memposting konten dan tugas di matkuliah oleh dosen anda, dan sebelah kanan anda diberikan tray navigasi untuk melihat aktivitas , forum, chat, dan resource tergantung hal apa yang dilakukan oleh dosen pada matakuliah.

Layout Mobile

Pada layar yang lebih kecil seperti ponsel atau tablet kecil, tata letak halaman akan mengatur ulang untuk melihat lebih mudah: Blok (aktivitas , forum, chat, resource, dll) akan bergerak ke bagian bawah layar di bawah isi matakuliah utama. Klik  di tray navigation untuk memunculkan menu navigasi. Dan klik   dipojok kanan kiri untuk memunculkan menu utama seperti Dashboard, Event, sampai administasi Page.

Presensi pembelajaran di Sistem

Prasyarat pernyataan kehadiran anda ialah harus melakukan 3 aktivitas berikut:

  1. mengunduh (Mahasiswa) materi ajar (berupa slide, video, dll).
  2. mengerjakan (Mahasiswa) kuis atau tugas.
  3. Terjadinya diskusi antara dosen dan mahasiswa melalui forum atau chat

Setiap aktivitas  akan dinyatakan selesai setelah anda melakukan setiap kegiatan dengan tanda cek (centang)   di kanan setiap aktivitas atau resource/ materi,

Tip Mengirimkan Tugas Anda

  • Menyerahkan tugas tepat waktu. Dalam sistem dosen anda mungkin akan menutup tugas dan tidak memungkinkan pengiriman terlambat, jadi jangan berharap untuk dapat secara elektronik mengirimkan tugas setelah lewat masa tenggat waktu.
  • Carilah layar konfirmasi untuk memastikan tugas anda disampaikan /submintted. (Ini mungkin terlihat berbeda tergantung pada jenis tugas.)
  • Mengetahui format file yang dapat diterima oleh dosen anda (.pdf dan .doc biasanya lebih disukai).

View Nilai (Grades)

Setelah aktivitas telah dinilai dan dirilis ke siswa, Anda dapat mengakses nilai melalui menu pengguna. Klik nama anda di pojok kanan atas dan pilih Grade atau sorot menu This Course di header menu dan klik Grade. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat pilih nama matakuliah untuk mengetahui progres penilaian yang ada peroleh.

Beberapa aktivitas , seperti Tugas, juga di tampilkan dirilis nilai pada halaman aktivitas.

Bantuan Lebih Lanjut

Untuk hal-hal yang anda membutuhkan lebih lanjut yang tidak bisa diselesaikan oleh dosen bersangkutan, maka anda bisa hubungi kami selaku administrator, di alamat email elearningft@unpas.ac.id. Berikan subjek dan pesan yang jelas untuk mempermudah pekerjaan kami. Untuk mengerjakan setiap kendala kami lakukan maksimal dalam 2 X 24 Jam.